SELAMAT DATANG DI BLOG PEMBELAJARAN INOVATIF

Minggu, 11 Januari 2009

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Dalam mengembangkan kreatifitas dan kompetensi siswa, maka guru hendaknya dapat menyajikan pembelajaran yang efektif dan efisien, sesuai dengan kurikulum dan pola piker siswa. Dalam mengajarkan matematika, guru harus memahami bahwa kemampuan setiap siswa berbeda-beda, serta tidak semua siswa menyenangi mata pelajaran matematika.

Konsep-konsep pada kurikulum matematika SD dapat dibagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu penanaman konsep dasa, pemahaman konsep, dan pembinaan ketrampilan. Memang, tujuan akhir pembelajaran matematika di SD ini yaitu agar siswa terampil dalam menggunakan berbagai konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, untuk menuju tahap ketrampilan tersebut harus melalui langkah-langkah benar yang sesuai dengan kemampuan dan lingkungan siswa. Berikut ini penjabaran pembelajaran yang ditekankan pada konsep-konsep matematika.
1. Penanaman konsep dasar (penanaman konsep), yaitu pembelajaran suatu konsep baru matematika, ketika siswa belum pernah mempelajari konsep tersebut. Kita dapat mengetahui konsep ini dari isi kurikulum, yang cirikan dengan kata mengenal. Pembelajaran penanaman konsep dasar merupakan jembatan yang harus dapat menghubungkan kemampuan kognitif siswa yang konkrit dengan konsep baru matematika yang abstrak. Dalam kegiatan pembelajaran konsep dasar ini, media atau alat peraga diharapkan dapat digunakan untuk membantu kemampuan pola piker siswa.
2. Pemahaman konsep, yaitu pembelajaran lanjutan dari penanaman konsep, yang bertujuan agar siswa lebih memahami suatu konsep matematika. Pemahaman konsep terdiri dari atas dua pengertian. Pertama, merupakan kelanjutan dari pembelajaran penanaman konsep dalam satu pertemuan. Sedangkan kedua, pembelajaran pemahaman konsep dilakukan pada pertemuan yang berbeda, tetapi masih merupakan lanjutan dari penanaman konsep. Pada pertemuan tersebut, penanaman konsep dianggap sudah disampaikan pada pertemuan sebelumnya, disemester atau kelas sebelumnya.
3. Pembinaan ketrampilan, yaitu pembelajaran lanjutan dari penanaman konsep dan pemahaman konsep. Pembelajaran pembinaan ketrampilan bertujuan agar siswa lebih terampil dalam menggunakan berbagai konsep matematika. Seperti halnya pada pemahaman konsep, pembinaan ketrampilan juga teratas dua pengertian. Pertama, merupakan kelanjutan dari pembelajaran penanaman konsep dan pemahaman konsep dalam satu pertemuan. Sedangkan kedua, pembelajaran pembinaan ketrampilan dilakukan pada pertemuan yang berbeda, tapi masih merupakan lanjutan dari penanaman dan pemahaman konsep. Pada pertemuan tersebut, penanaman dan pemahaman konsep dianggap sudah disampaikan pada pertemuan sebelumnya, disemester atau kelas sebelumnya.

5 komentar:

IWAN SUMANTRI mengatakan...

Dari ketiga langkah-langkah pembelajaran Matematika yang paling pokok adalah Penanaman Konsep Dasar, itu yang terpenting, setelah konsep itu tertanam sesuai dengan pembelajaran matematika, maka pemahaman konsep akan mengikuti begitu juga keterampilannya! Banyak anak SMP tidak paham konsep dasar belajar matematika ini disebabkan mungkin penanaman konsep waktu di SD masih kurang atau ... ? Selamat Tulisannya bermanfaat buat kami !!

usep supriatna mengatakan...

Tukar ini mengenai pembelajaran matematika dengan blog saya di www.muhammadirfani.wordpress.com,
saya juga buat taut dengan blogmu!
trim's.

Pendidikan mengatakan...

Langkah utama belajar matematika adalah penanaman konsep, sangatlah tepat pada tulisan ini. Namun ada hal yang perlu digaris bawahi, yaitu: "gurunya terlebih dahulu harus memaknai konsep itu sendiri dalam matemtika". Kalau itu belum tercapai pada guru, kayaknya agak sulit mencapai yang namanya "berhasil"

febrianto mengatakan...

Langkah2 pembelajaran yg bagus,Oh ya mas klu bisa tlg ajarin ngedit tampilan blog biar lebih menarik.thanx alot.

Yas Arman Al-Yho mengatakan...

langkah-langkahnya bagus mas apalagi qt sebagai calon pendidik perlu belajar am mas-mas semuanya. . ??? oh yea kunjungi blog qt juga ya mas. . .di
http://matematikadunia.blogspot.com/

mohon dukungannya supaya menjadi pendidik (guru matematika) yg berkarakter. .???